Senin, 27 Maret 2017

Alat - Alat Rock Climbing



     Salam jebred!!!!. Setelah baca definisi dan teknik nya pasti kalian pengen tau alat alat nya kan,ya iyalah itu kan wajib KECUALI kamu bosen hidup atau sudah menjadi dewa pemanjat hehehe! :D
Langsung aja lah dari pada kalian kepo..............



        Jadi Alat - Alat Pemanjat itu ada :

1. Harness
       Harness adalah alat yang dipasang disekitar pinggang untuk menahan tubuh pemanjat atau bilayer. Ada harness yang memang khusus dibuat dari pabrikannya namun dapat pula dibuat dari webbing.
 
2
2            2. Tali karmantel
       Tali karmantel merupakan tali yang digunakan sebagai tali pengaman yang digantukan ke runner yang telah dipasang di tebing dan disambungkan ke harness pemanjat dan bilayer. Tali karmantel dibagi menjadi 2, yaitu:
a.       Tali karmantel statis
b.      Tali karmantel dinamis








           


3. Sepatu panjat
        Sebenarnya, memakai sepatu panjat atau tidak, tidak terlalu wajib di kegiatan rock climbing. Namun, dengan menggunakan sepatu panjat, dapat menambah daya cengkraman kaki ke tebing. Biasanya ukuran sepatu panjat lebih kecil satu nomor dari sepatu biasa yang digunakan guna menambah daya cengkraman kaki.
 




    



 

      4.    Helm panjat
          Walaupun helm panjat tidak dianggap terlalu penting di kegiatan rock climbing, tetapi peran helm panjat sangatlah berguna untuk menjaga kepala si pemanjat ataupun bilayer. Karena jika pemanjatan dilakukan di tebing yang tidak terlalu ideal, bebatuan dari tebing dapat dengan mudahnya jatuh ke kepala si pemanjat atau bilayer.
 


 





       
      5. Figure of age
           Logam yang berbentuk angka delapan ini berfungsi menyambungkan tali karmantel ke harness bilayer.



 






      
        6.  Carabiner
           Carabiner di kegiatan pemanjatan sangatlah multifungsi. Mulai dari sebagai alat penghubung tali karmantel, figure of age, dan harness bilayer, komposisi dari runner, dan alat untuk menggantungkan alat lain dari pemanjatan. Carabiner pun dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu:
a.       Carabiner Snap
b.      Carabiner Screw
  Perbedaannya, pada carabiner screw dapat dikunci.

 


         7.  Chalk bag
              Chalk bag merupakan tas yang digantukan dibagian berlakang harness berisikan magnesium. Magnesium disini berfungsi sebagai serbuk yang dapat menambah daya cengkram tangan dan jari ke tebing. Tidak jarang, jika sulit mencari magnesium, kapur pun jadi . Namun, hal ini sangatlah salah, karena komposisi dari magnesium dan kapur yang sangatlah berbeda dapat merusak pori-pori tangan.

 


 





       
        8. Sling jait
               Sling jait merupakan alat yang digabungkan dengan carabiner menjadi runner. Tidak ada fungsi lain dari sling jait selain untuk dijadikan runner.

 


 





       
        9. Runner
             Runner merupakan alat yang menghubungkan hanger dan tali karmantel. Runner terdiri dari sling jait dan carabiner yang dikaitkan di kedua ujungnya.

 


 





     
       10. Webbing
             Webbing adalah tali pipih yang multifungsi. Baik di kegiatan oemanjatan maupun di kegiatan alam lainnya. Di kegiatan pemanjatan, webbing dapat dijadikan menjadi harness, dan tangga untuk artifisial climbing.

Image result for webbing 


 



      
         11.  Ascender dan Descender
               Ascender adalah alat khusus untuk artfisial climbing. Ascender berfungsi sebagai alat penambah ketinggian di artifisial climbing. Sejenis dengan ascender, descender merupakan alat untuk mengurangi ketinggian di artifisial climbing.


1      12.  Hanger
Hanger adalah alat yang dihubungkan ke runner. Ditancapkan ke tibing sebagai tolak ukur sebuah jalur di sebuah tebing

 








        13.  Grigri
             Grigri merupakan alat yang lebih khusus untuk blayer saat belaying.

 




 



      
          14.  Hammer
Hammer digunakan saat melakukan pembuatan jalur di tebing. Sebagaimana dari segi bahasa,hammer adalah palu untuk menanamkan dan melepaskan hanger di tebing. 

 








     15.  Handdrill
Handdrill merupakan media untuk mengebor tebing secara manual saat melakukan pembuatan jalur. Handdrill berfungsi sebagai alat untuk menepatkan pengaman berupa bolt atau hanger di tebing.

 



 Banyak amat yaaa??, kata pepatah juga "Kalau mau enak harus mau ribet".
Selain banyak memang pada mahal juga......
 Kata pepatah lagi " Lebih baik mencegah dari pada mengobati".
Jadi itulah alat - alat buat mendukung kegiatan rock climbing kamu
Dah yaa, segitu aja dulu... Cape nulisnyaa hehehhe :)))) Tenangg... saya masih punya yang lain koo...
Dadaaaahhhhh.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar